Inilah 7 Penemu Benda Penting, Namun Kurang Dikenal

Seandainya kita sudah hidup beberapa abad yang lalu, mungkin kita masih menggunakan peralatan dan benda yang sederhana untuk menunjang aktivitas kita. Bahkan kita akan bekerja tanpa listrik dan lampu di malam hari, tentu itu sangat menyulitkan.

Baru pemadaman listrik saja kita sudah bingung menelepon PLN untuk meminta segera dihidupkan kembali listriknya. Jika kita masih hidup di masa-masa belum banyak ditemukan benda-benda, kita mungkin akan berusaha keras menciptakan benda-benda tersebut.

Berbicara mengenai penemu, yang selalu kita ingat hanya beberapa saja, seperti Thomas Edison, Graham Bell, tapi sedikit dari kita yang tahu siapa penemu kertas, pulpen, pensil, padahal benda-benda itu sangat sering kita gunakan. Ingin tahu siapa saja penemu yang tak dikenal ini?
Inilah penemu-penemu penting yang kurang dikenal:
  1. Penemu Pensil Nicolas-Jacques Conte


    Pelukis asal Perancis bernama Nicolas-Jacques Conte adalah penemu pensil. Ia adalah pencetus pensil modern pertama yang dibuat dari campuran bubuk grafit dan tanah liat pada abad ke 18. Pensil buatannya 70% sama dengan pensil yang kita pakai sehari-hari. Tapi dulunya, pensil hanya untuk melukis bukan untuk menulis.


  2. Penemu Pulpen John J. Loud
    Dulunya, pulpen memiliki ujung miring yang biasa kita lihat pada film-film genre Eropa abad pertengahan, itulah pulpen temuan dari John J. Loud, seorang insinyur asal Amerika Serikat pada abad ke 19.
    Di abad 20, seorang pebisnis Hungaria bernama Laszlo Biro menciptakan pulpen yang biasa kita pakai sehari-hari, dan ia menjadi penemu paling laris di masanya.

  3. Penemu Kertas Cai Lun

    Ada alat tulis, pasti juga ada media tulisnya yaitu kertas. Penemu kertas adalah seorang pegawai Kekaisaran China era Dinasti Han bernama Cai Lun. Cai Lun membuat kertas dari kayu pohon murbei yang diolah dengan cara masih sederhana.

    Hasil kertasnya pun belum sebaik sekarang, tapi penemuan Cai Lun ini menginspirasi penemu kertas lain untuk berinovasi hingga menjadi kertas seperti yang kita gunakan sekarang.


  4. Penemu Kamera Joseph Nicephore Niepce
    Jika tak ada Joseph Nicephore Niepce, maka sekarang mungkin kamu tidak bisa mengabadikan momen berhargamu dengan kamera. Dialah sang penemu kamera yang merupakan ilmuwan asal Perancis. Ia menciptakan kamera dengan teknik heliograf dan menghasilkan foto dengan resolusi rendah.


  5. Penemu Listrik William Gilbert 
    Nikola Tesla dan Michael Faraday yang sering kita dengar namanya adalah Bapak Listrik, tapi mereka bukanlah penemu listrik. Penemu listrik yang sebenarnya adalah William Gilbert, fisikawan asal Inggris di abad 17. Karena penemuannya masih berupa studi dan tidak aplikatif, jadilah hasil studinya itu dikembangkan orang lain.

  6. Penemu Motor Sylvester Roper
      Bayangkan jika tidak ada penemu motor, kemana-mana kamu akan jalan kaki atau naik hewan. Beruntunglah di abad 19, seorang teknisi asal Amerika bernama Sylvester Roper menemukan kendaraan roda dua pertama yang tidak perlu dikayuh dan berbahan bakar uap.
     Barulah insiyur asal Jerman bernama Gottlieb Daimler menciptakan motor berbahan bakar minyak seperti yang kita gunakan sekarang.

  7. Penemu Mobil Karl Benz
    Karl Benz, merupakan insiyur dan teknisi mesin asal Jerman yang menciptakan kendaraan roda empat pertama pada akhir abad 19. Ciptaannya ini dinamai "Motorcar" yang rangkanya sangat mirip dengan mobil sekarang ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah 7 Penemu Benda Penting, Namun Kurang Dikenal"

Post a Comment

https://developers.facebook.com/docs/plugins/share-button