Inilah 7 Foto Pertama Paling Bersejarah

Di zaman sekarang berfoto bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Semakin canggihnya teknologi menjadi faktor mudahnya berfoto. Berbanding terbalik dengan zaman dulu. Saat itu, hanya untuk mendapatkan satu foto saja susahnya minta ampun. Balum lagi teknologi yang digunakan juga sangat minim.

Meski begitu, foto yang dihasilkan akan dikenang sampai sekarang. Bahkan tak sedikit dari foto masa lalu dengan teknologi seadanya justru akan menjadi sejarah dunia.

1. Foto pertama di dunia


Mungkin anda tidak menyangka bahwa foto “gak jelas” ini sangat berpengaruh. Ya, inilah foto pertama di dunia. Foto ini diambil pada tahun 1826 di daerah Burgundy, Perancis oleh Joseph Nicephore Niepce. Dalam foto tersebut, Niepce mengabadikan suasana lingkungan yang ia jepret dari jendela rumahnya sendiri.

2.  Foto berwarna pertama


Foto pertama di dunia masih hitam putih dan tentunya kurang menarik apabila dilihat. Lalu kapankah foto berwarna pertama kali muncul ? Jika anda beranggapan foto berwarna muncul era 70-an, maka anda salah besar. Faktanya, foto berwarna sudah ada jauh sejak tahun 1861. Adalah James Clerk Maxwell, fisikawan, yang namanya masuk dalam buku sejarah sebagai orang pertama yang membuat foto berwarna.

3. Foto digital pertama



Saat ini orang lebih suka menggunakan kamera digital daripada kamera manual. Meski hasilnya tidak sebagus kamera manual, namun dari segi kepraktisannya kamera digital jauh lebih digemari.

Sebagai pengguna kamera digital, kamu juga harus tahu kapan foto digital pertama diciptakan. Tepat pada tahun 1957, seseorang berhasil membuat foto digital dengan resolusi 176x176. Sebagai catatan, foto di atas dibuat bahkan sebelum Kodak menemukan kamera digital.

4. Foto pertama yang menampilkan manusia



Zaman dulu kamera belum secanggih seperti sekarang. Untuk menjepret objek yang bergerak sangat susah. Itulah mengapa foto-foto bersejarah lebih didominasi benda mati. Sedangkan foto di atas merupakan foto pertama yang menampilkan manusia di dalamnya. Tahukah kamu, hanya untuk mendapatkan satu foto tersebut anda harus menunggu sampai 7 menit.

Sebenarnya suasana pada foto tersebut awalnya ramai dengan keberadaan manusia. Namun karena saking lamanya foto menjepret, akhirnya tinggal beberapa orang saja yang berhasil masuk ke dalam foto. Di bagian bawah kiri nampak seseorang yang sedang menyemir sepatunya.

5. Foto selfie pertama



Beberapa tahun terakhir gaya berfoto mulai berubah. Dari yang semula hanya berdiam diri dengan senyum manis, kini seseorang mulai banyak tingkah dalam berfoto. Salah satu jenis berfoto yang digemari adalah selfie. Teknik ini menggunakan kamera depan dengan memfokuskan pada wajah seseorang.

Ternyata jauh sebelum kamu mengenal selfie, teknik berfoto ini sudah pernah dipakai oleh Robert Cornelius. Pria asal Philadelphia ini mengambil foto selfie pada tahun 1839 di Chestnut Street, Center City.

6. Foto hoax pertama



Dengan memanfaatkan foto, seseorang terkadang membuat informasi yang salah. Ironisnya, tak sedikit dari masyarakat yang mempercayai informasi tersebut karena keberadaan foto yang mendukung.

Ternyata foto hoax atau palsu juga sudah ada sebelum tahun 1900-an. Adalah Hyppolyte Bayard, orang pertama yang menyebar foto palsu. Dalam foto tersebut, ia berpura-pura menjadi mayat. Foto ini juga disebu-sebut sebagai foto manipulasi pertama.

7. Foto presiden pertama



Sebagai seorang pemimpin negara, seorang presiden memang sudah sewajarnya untuk dihormati. Salah satunya dengan membuatkan foto. Dan presiden pertama yang beruntung dibuatkan foto adalah John Quincy Adams. Beliau merupakan Presiden Amerika Serikat ke-6. Foto diatas diambil pada tahun 1843.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah 7 Foto Pertama Paling Bersejarah "

Post a Comment

https://developers.facebook.com/docs/plugins/share-button