Pengertian, Fungsi dan Cara Mengatasi Keylogger


Banyak metode untuk merekam aktifitas dari komputer, salah satunya yaitu dengan Keylogger. Keylogger adalah sebuah program yang dibuat untuk merekam atau mencatat penekanan tombol melalui keyboard dan memasukanya ke dalam log (catatan). Namun, seiring berkembang versi dan tipenya, kini keylogger pun bisa merekam aktifitas mouse, clipboard,web browser dan visual surveillance (gambar hasil capture otomatis layar monitor).
Keylogger terbagi dalam dua jenis, yaitu jenis hardware dan software. Jenis software merupakan yang lebih praktis digunakan dan juga lebih aman. Keylogger awalnya digunakan untuk keperluan positif, seperti memonitori aktifitas pekerja atau anak yang menggunakan komputer. Namun, sayangnya Keylogger kini banyak disalahgunakan, oleh orang yang tidak bertanggung jawab, misalnya seperti memasang komputer milik perusahaan, warnet, komputer pribadi, dll.
Cara Mengatasi Keylogger
Jika kalian memasang Antivirus pada perangkat komputer kalian, mungkin Keylogger tidak akan berjalan, karena biasanya dianggap virus oleh Antivirus.
Mengetik tanpa huruf vocal, misalnya kalian mau mengetik password berupa “karakter”. Coba kalian ketik dahulu “krktr”, dengan feeling kalian coba letakkan huruf vocal tersebut, agar menjadi kombinasi password yang benar. Karena Keylogger cuma merekam apa yang diketik lebih awal, jika awalnya “krktr”, maka nanti huruf yang menyusul akan menjadi “krktraae”.
Coba pakai aplikasi On Screen Keyboard, kalian pakai aplikasi ini jika tidak ada orang di dekat kalian, karena bisa saja ada yang memperhatikan kalian mengetik. Untuk memakai aplikasinya ikuti langkah di bawah.
– Klik Start
– All Program
– Pilih Acessoris
– Acessibility
– Klik On Screen Keyboard

Gunakan password dengan cara copy paste password kalian yang sudah kalian persiapkan pada notepad atau pun aplikasi word.
Gunakan Anti-Keylogger, karena biasanya Anti-Keylogger terdapat Antivirus khusus untuk membasmi program pada Keylogger.


Itulah sedikit informasi mengenai Pengertian, Fungsi dan Cara Mengatasi Keylogger. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Pengertian, Fungsi dan Cara Mengatasi Keylogger"

https://developers.facebook.com/docs/plugins/share-button