Mengenang Bus Bertingkat DAMRI


Ada yang lahir tahun 80an dan tinggal di kota Makassar? Dulu itu tepatnya tahun 80an, pernah ada bus tingkat di kota ini cess. Kendaraan ini menjadi salah satu moda transportasi yang popular di masanya. Ada yang masih ingat?

Bus tingkat ini dikelola pertama kali oleh Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (Damri). Jadi pada masa itu masyarakat kota Makassar lebih mengenal bus tingkat dengan sebutan damri.

Dengan desain transportasi massal, bus tingkat dapat menampung hingga 105 penumpang dan melayani 9 trayek kala itu. Selain sebagai transportasi umum, bus tingkat juga menjadi sarana wisata bagi pelancong luar daerah yang berkunjung ke Makassar. konon, tidak sah ke Makassar kalau belum naik bus tingkat dan menikmati suasana kota dari balik jendela lantai dua bus ini.

Krisis dan berbagai pergolakan yang terjadi di Indonesia dan khusunya di Makassar membuat keberadaan bus tingkat semakin berkurang pada tahun 1997/1998 dan benar-benar punah pada tahun 2000. Meski tergantikan dengan bus damri biasa, tahun 2006 menjadi tahun terakhir pengoperasian bus damri di Makssar.

Serunya itu di’ kalau naik bus tingkat keliling kota.
Ada yang pernah merasakan? Berarti tua mi ki (ah...)(ah...)(ah...)

#Trending #Makassar #DaengMakassar

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenang Bus Bertingkat DAMRI"

Post a Comment

https://developers.facebook.com/docs/plugins/share-button